Selasa, 14 Juni 2011

Caramel Cake

Lagi-lagi terinspirasi sama blognya mba Ricke (mohon maap ya mba, blog mu bikin addict hehehe).
Actually ini bukan pertama kali aku bikin caramel cake a.k.a sarang semut a.k.a bika ambon (yang sebenernya), my luvly mom yang ajarin aku bikin caramel cake ini (blio nyebutnya bika ambon :) ) dengan takaran gelas belimbing. Jujur aja aku sukaaaaaaaaaaa banged sama caramel cake ini, legit-legit gimanaaaa gitu pokoknya unik dech taste nya

Nah, pas lagi blogwalking ke blognya mba Ricke, aku liat ada postingan si CC ini jadi ajah ngecesssss. Hari minggu tak geber bikin sentiling & caramel cake rencananya selain trial resep juga sekalian buat bekelnya si genduk sekolah. Resepnya mba ricke ini ngga pake takaran gelas belimbing tapi gram2an dan satu lagi bedanya cara buatnya mixer-less alias tanpa mixer cukup plek uplek pake whisk cuma dasar aku orangnya ngga PD-an saat ngaduk telur teuteup aku pakein mixer wakakakakak... yang penting hasilnya ngembang, ngempos, ngenyos, legit, maknyosssss hehehehe.

Caramel Cake


Bahan:
400 gr gula pasir
400 ml air panas


120gr terigu
5 btr telur
150 gr margarin di lelehkan & dinginkan
150 ml susu kental manis
1 sdm soda kue

Cara:
1. Buat karamel dari 400gr gula pasir, gunakan api kecil jangan sampai gosong
2. Kocok telur dengan whisk sampai berbusa saja (aku: karena ngga PD jadi dikocok dengan mixer sampe berbusa & naik ;0 )
3. Masukkan terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan cairan karamel lakukan sampai habis
4. Masukkan susu kental manis aduk menggunakan spatula
5. Masukkan Margarin cair, aduk rata kembali
6. Terakhir masukkan soda kue, aduk rata.
7. Tuang dalam loyang 22cm x 22cm yang telah disemir margarin tipis
8. Panggang dalam oven panas 180C selama 45 menit atau di cek dengan lidi apabila sudah tidak basah berarti sudah matang.

0 komentar:

Posting Komentar