Selasa, 17 Januari 2012

PASTEL RENYAH



I luv pastel so much!! Camilan gurih yang enyak sangat. Ini kedua kalinya aku bikin pastel, dulu sekali pernah bikin dan Alhamdulillah GATOT.... ngga renyah, krenyes gitu, tapi padet kaya makan roti goreng @__@.
Kata mertuaku siy mungkin karena aku ngulennya terlalu keras. Beda methodnya sama roti atau pizza, kedua makanan ini malah minta pengelusan dan pemijatan secara intensif sampe kalis...lis...lis... hehehehe

Jadi kali ini aku inget-inget tuh pesen mertoku "jangan terlalu banter dik ngulennya", cukup sampe bisa digiles aja. Ok I noted it well ^__*

Searching sana sini nyari resep yang cucok sama yang aku mau. Pasti pada heran, darimana aku tau kalo resep itu cocok atau ok sama kemauan kita?Hmm...alah bisa karena biasa, heuheuheu....sok iye banget ya??

Gini, setiap aku makan kue, cake, ataupun lauk pauk sayuran yang menurutku enak, aku selalu berusaha menerka-nerka kira-kira bahan apa yang dimakanan tsb? Mungkin awal-awalnya mah ngga mudeng bahan apa aja siy yang ada dicake ini, atau ini bumbunya apa ya koq bisa enak gini? tapi dengan seringnya kita nguprek didapur kita makin paham aroma, rasa, tekstur masing-masing bahan makanan.




Nah dengan berbekal pengalaman itulah dan juga ditambah feeling, setiap baca resep aku coba membayangkan bagaimana hasil akhir makanan ini.

Pastel yang enak menurutku itu yang renyah, krenyes dan kopong didalemnya, ngga padet sama sekali.
Akhirnya setelah melanglang buana ke mana-mana aku nemu resep pastel yang kayanya bakalan sesuai dengan bayangan aku di blognya mba yenni lagi ;)) halooo mbaa.
And I am right certainly, the recipe is perfect at all.


Kulitnya kaya pastry-pastry gitu, maknyossss.
Thank you ya mba resepnya, cucok pisaaannnn.

Untuk resepnya dibawah ini


Resep Pastel Goreng Renyah

Bahan kulit :
500 gr tepung terigu protein sedang
1 bt telur
100 gr mentega dicairkan
1 sdt garam
100 mL air

Bahan Isi :
1 buah dada ayam tanpa kulit, dicincang
250 gr udang, kupas kulitnya, iris kecil2
150 gr soun, rendam air sampai lunak, iris2
3 buah wortel, iris dadu kecil2
4 buah telur, rebus, potong jadi 8

Bumbu :
5 buah bawang putih
7 buah bawang merah
1 sdt merica bubuk
garam
penyedap, bila suka
2 sdm kecap manis
1 sdm margarin untuk menumis

Cara Membuat :
Isi : tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ayam, dan udang, tumis sampai berubah warna. Masukkan wortel tumis sampai empuk. Bumbui garam dan lada dan kecap. Terakhir masukkan soun, tumis sebentar. Angkat dan dinginkan.

Kulit : Buat lubang ditengah tepung, masukkan telur kocok, garam, dan mentega cair. Aduk sampai bergumpal. Masukkan air, uleni sampai bisa digilas. Diamkan 15 menit.

Penyelesaian :
Ambil adonan kulit gilas dengan gilingan kayu, lalu cetak bulat2 diameter 10cm. Isi dengan 1 sdm adonan isi, beri 1 potong telur rebus, lipat dan pilin pingggirnya sampai rapat.
Goreng dengan minyak banyak dan panas sedang sampai kecoklatan. Disajikan dengan cabai rawit atau saus sambal botolan.

note :
Hasil jadi sekitar 25 buah ukuran sedang
Kulitnya tetap krispi walau dibiarkan dari pagi hingga malam tanpa diplastikin lho
Enjoy

0 komentar:

Poskan Komentar