Selasa, 22 Januari 2013

RED VELVET CAKE



Assalamualaikum,

Lagi-lagi entry-an yang udah kadaluarsa >__<  Ngga tau kenapa, bawaannya suka males aja mo update blog. Makanya ngga heran, ini blog bisa nganggur berbulan-bulan... Kalo makanan, udah bulukan kali hehehe..

Bulan Desember ada dua peristiwa penting buat keluarga kecil kami, birthday nya kakak Imoy dan birthday nya my hubby. Ngga ada pesta atau perayaan, sekedar bikin cake saja, trus dinikmati bareng dengan mama dan adikku.

Khusus untuk kakak aku buat rainbow cake yang penuh tragedi. Kenapa tragedi? ah...aku ngga mau cerita, pokoknya cukup menyesakkan dada #lebay

Nah untuk Pipo, aku buatin Red Velvet Cake. Seluncur ke dunia maya nyari testimoni  yang paling yahud, ketemu sama blognya  http://monicantik.wordpress.com. Menurut doi resep ini dapet rating tinggi.... curious dong?? nyobain ah...




RVC nya enak sebenernya, dan seperti sudah kebiasaan resep-resep yang dari luar jenis cakenya terlalu berongga karena penggunaan telur yang irit dan likuid yang lumayan banyak. Cuma aroma strawberry dari pasta (aku ngga pake pewarna sesuai dengan resep) yang nyegrek jadi  bikin aneh rasa RVC nya >__<

But overall, cakenya enak koq, terbantu dengan cheese frostingnya yang juga enak *__^




Jenis velvet cake alias kue beludru banyak modifikasinya, bukan hanya red tapi blue bahkan green velvet cake. Interesting banget, liat gambar-gambarnya cakep-cakep.  Kayanya BVC (blue velvet cake) & GVC (green velvet cake) masuk agenda untuk ditrial lebih lanjut ;))





Untuk hasil pemotongan yang mulus, sebaiknya RVC ini dimasukkan ke kulkas sebentar saja. Karena jenis cake yang sangat beremah, bakalan sulit dipotong dalam kondisi suhu kamar. Dan lagi frostingnya yang tidak tahan suhu luar, ngga memungkinkan untuk dipotong dalam keadaan tidak dingin.





Check it out for the recipe:


Red Velvet recipe dari Smitten Kitchen

Yield: 3 lapis cake
1 sdm butter tawar
3 1/2 cups tepung terigu (yang untuk kue)
1/2 cup unsweetened cocoa (bisa yang Dutch process, yang non Dutch juga bisa)
1 1/2 sdt garam
2 cups minyak canola
2 1/4 cups gula biasa
3 telur ukuran besar
6 sdm (3 ons) pewarna merah
1 1/2 sdt vanilla
1 1/4 cup buttermilk (kalau sulit nyari buttermilk di supermarket bisa dengan: cara bikin substitute buttermilk: 1 3/4 sdm cream of tartar atau bias diganti 1 sdm perasan lemon dicampur dengan 1 cup milk. Campur dan diamkan selama 5-10 menit)
2 sdt baking soda
2 1/2 sdt cuka
1. Panasin oven pada suhu sekitar 176 Celsius (350 Fahreheit). Masukkan 1 sdt butter ke dalam masing-masing pan kue (9 inci berbentuk bulat) dan masukkan pan ke dalam oven selama beberapa menit sampai butter meleleh. Keluarkan pan, dan kuas bagian dalam dan sisi-sisi dalam pan lalu lapisi dengan kertas kue.
2. Campur tepung, kakao, dan garam dalam wadah.
3. Masukkan minyak dan gula lalu campur dengan mixer (kecepatan medium, sampai rata). Masukkan telur satu per satu. Turunkan keceptan mixer ke low lalu secara perlahan sekali, tambahkan pewarna makanan. (Hati-hati keciprat). Tambahkan vanilla. Tambahkan campuran tepung yang dibuat pada step no. 2 secara bergantian dalam 2 batch. Tambahkan buttermilk di sela-sela pencampuran adonan. Aduk sampai semua rata.
4. Di wadah terpisah campur baking soda dan cuka. Masukkan ke dalam campuran adonan step no.3 dengan keadaan mixer menyala. Campur selama 10 detik.
5. Distribusi adonan ke pan-pan untuk dipanggang. Panggang selama 35-45 menit. (Menurut testimonial review orang, ada yang udah jadi setelah 38 menit jadi cek aja pas udah lewat 35 menit). Kalau udah jadi, keluarkan, dan biarkan sampai suhu turun ke suhu kamar. Kalau mau dibikin jadi cupcake tinggal ubah cetakannya ke pan cupcake. Isi sampai 3/4 penuh saja, yieldnya kira-kira jadinya 35 cupcake. Kalau bikin cupcake, waktu bakingnya bisa 20-25 menit tapi cek aja pas udah 2/3 jalan.

Untuk frosting aku pake resepnya mba ricke "ordinary kitchen".

200 gr keju krim suhu ruang
100 gr unsalted butter
200 gr WHC bubuk + 400 ml air es

Cara: Kocok keju  krim dan butter sampai lembut, sisihkan.
         Kocok whipcream bubuk + air es hingga mengembang dan kaku
         Masukkan kocokan keju dan butter tadi, kocok dengan kecepatan rendah
         Bungkus dalam plastik, simpan dalam lemari es hingga saat digunakan




"MET MILAD KAKAK IMOY & PIPO, SEMOGA SELALU DALAM LINDUNGAN ALLAH SWT"
LOVE YOU ALWAYS


-enjoy-

1 komentar:

Deasy Maslianita mengatakan...

hmm yummy,,,,
blognya aku simpen diblogku ya...

Posting Komentar