Minggu, 13 April 2014

RUJAK CIRENG





Kuliner itu kaya orang lagi demam. Sekarang naik besok bisa turun, tergantung respon dan minat pasar. Dulu heboh dengan rainbow cake (RC) alias cake pelangi. Ngga cuma bakery -bakery terkenal, bahkan bakul rumahan sampai toko kue di pasarpun ikut euforianya si RC ini. Cake pelangi, lapis pelangi, cendol pelangi, dll. Kreatif-kreatif banget deh para pelaku pasar dalam rangka menarik minat beli. Segala macam dibuat untuk meningkatkan animo masyarakat *Ciahhhhh, bahasanya cing...

Setelah RC redup, muncul PanDur (pancake durian). Si pandur ini juga cukup happening. Yang paling terkenal pandur dari medan. secara durian medan emang juara banget, dikombinasi sama krim....wwuaaahhhh, dahsyat banget pokoknya. 

Nah, mulai maret 2014 ini wabah rujak cireng mulai nyebar. Ngga tau asal muasalnya dari mana. Cuma denger-denger dan liat di blognya temen-temen koq pada ngebahas si rujak cireng ini. Emang apaan siy rujak cireng itu?? Oooo....ternyata cireng yang dicocol bumbu rujak CINTAHHH.....xixixixixi
Penasaran donk, gimana rasanya rujak cireng ini. Jangan sampe orang-orang udah cerita kesana kemarih, kita cuma mlongo sambil lap iler dowank #Ihh...ngga banged deh

Jadi, demi meramaikan dunia percirengan, molikakitchen ngga mau ketinggalan ikutan. Liat resep di sini yang katanya punya blog enak bingitsss. Mba Rina, makasih banyak ya resepnya, dan beneran enak deh cirengnya.

Berikut resepnya:

RUJAK CIRENG
By: Rina-Audie

Bahan saus/bumbu rujak :
5 bh cabe merah keriting
5 bh cabe rawit merah
garam secukupnya
50 gr gula merah
2-3 sdm air asam jawa
50 ml air suhu ruang

Bahan cireng :
200 gr aci/kanji/tapioka
2 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun bawang, iris halus
200 ml air
1/2 sdt garam

Cara membuat :
  1. Saus rujak : uleg semua cabe dan garam di atas cobek batu. Masukkan gula merah dan uleg lagi sampai gula menjadi halus dan liat. Tambahkan air asam, aduk rata. Terakhir masukkan air suhu ruang. Cicip rasanya. Jika kurang encer tambah air lagi secukupnya.
  2. Cireng : dalam wadah besar aduk aci, bawang putih halus dan daun bawang, sisihkan.
  3. Rebus air dan garam sampai mendidih. Jika suka boleh ditambah kaldu bubuk atau penyedap rasa.
  4. Tuang air mendidih ini ke dalam campuran aci, aduk rata menggunakan sendok. Adonan yang terbentuk, liat, pekat dan lengket.
  5. Panaskan minyak di dalam wajan. Dengan menggunakan 2 bh sendok teh bentuk adonan aci sebesar kelereng. Masukkan dalam minyak panas, goreng menggunakan api kecil sampai matang dan kering. Adonan akan mengembang, jadi jangan terlalu banyak memasukkan ke dalam wajan. Setelah kering angkat dan tiriskan. Sajikan bersama saus rujak.



-Enjoy-

0 komentar:

Posting Komentar