Minggu, 14 Februari 2010

Banana Cake

Dalam Rangka memberdayakan pisang apkir (pisang yang dah kematengan, warnanya sdh hitam tapi ngga busuk), tak ubek2 lah contekan resep2 yang belum pernah dicobain. Resep Banana cake sebenarnya banyak versinya, ada yang "sponge" cake style ada juga yang "butter cake" style. Kalo yang ini versi buttercake, tapi teksturnya ngga padet koq malah moist banget. Kayanya ini resep bakal jadi andalan dech, soalnya rasanya pas banget. Pas anget yo...uenak, pas dingin ya legit menggigit.

Tapi lain kali, mentega nya tak combine dengan margarine biar ngga blenek gitu rasanya. Soal'e butter kan kerasa banget susune, jadi aroma pisang nya ilang ;) .
Divariasi kan dengan kacang almond sebagai toppingnya, atau raisin (kismis) kedalam adonan bisa menambah sensasi & menambah penampilan banana cake jadi istimewa....selamat menikmati

BANANA CAKE
bahan :
150 gr mentega (kalo aku campur margarin)
175 gr gula bubuk
4 butir kuning telur
4 butir putih telur
3 buah pisang ambon/medan/barangan/cavendish, lumatkan dan campur dengan 1 sdm air jeruk nipis (kalo aku pake pisang cavendish)

campur dan ayak :
225 gr tepung terigu segitiga
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue

cara membuat :
- siapkan loyang bulat dia 24 cm atau kotak 22x22x6 cm, olesi dengan margarin, alasi dasarnya dengan kertas roti, olesi lagi dengan margarin.
- kocok mentega dan gula bubuk hingga lembut, masukkan kuning telur satu per satu sambil dikocok sampai putih mengembang.
- masukkan bergantian campuran bahan kering dan pisang, aduk perlahan. sementara itu, pasang standing mikser untuk ngocok putih telur hingga kaku.
- masukkan putih telur ke dalam adonan tadi, aduk rata.
- tuang ke dalam loyang, ratakan. panggang kurleb 50 menit (aku 40') dengan suhu 175oC.

0 komentar:

Posting Komentar