Minggu, 14 Februari 2010

Martabak Manis Keju

Berawal dari hoby makan (hueehehhehe...terus terang banged ;) ) apa aja, dari yang manis, pedes, asin, gurih mpe yang pait...halah lebay abis. Jadi suka termotivasi buat cuba-cuba, termasuk si "martabak manis" ini. Lah, gw kalo disodorin satu loyang martabak (tp yang "hokky" punya loh) manis keju, bisa kalap tuch mo tak abisin aja rasanya hehehe maruk.com . Trus yang laen ngga makan donk kalo gw yang abisin hehehehe, yaa....beli lagi aja. Bangkrut- bangkrut dech :P

Kebetulan waktu itu dimilis pernah rame ngebahas tentang si pancake indonesia ini. Pilihan jatuh ke resepnya Puji Acha, testi nya katanya sech empuk. Penasaran donk, masa iya sech bikin pancake nya indonesia aja ngga bisa ;) . Untungnya dirumah selalu stock "raw material" untuk bikin cake, yach kalo cuma butter , margarin, telor, terigu, gula, dtt (dan temen-temennya) insya ALLAH ada, ya untuk menanggulangi keinginan mendadak kayak gini ini, pengen makan martabak, tapi males keluar ;P

Ngeraciknya juga cepet, sambil nunggu adonan ngembang gw nge-resik-resik in anak2. Jadi begitu anak2 selesai, adonan siap panggang. Satu resep gw jadiin 2x panggang, cuma yang pertama terlalu tipis jadinya isian nya tebel banget, tetep enak sech ;) Yang satu loyang lagi, dilempar ke rumah mama, dari pada ngga habis tul ga?
Bukannya narsis yach, tp gw rasa taste nya ngga beda jauh dengan martabak langganan..empuk banget. Enaknya lagi untuk isiannya, bisa suka-suka. Mo diisi keju+SKM yang buanyak mpe maghteg, diisi pisang+keju, raisin+keju, kacang+coklat, keju+coklat atau original taste coklat meijses ikut selera.
Intinya trial yang pertama ini gw puas, next time gw mo fokus ke tekstur martabaknya gimana supaya rasanya nyesss gitu.
dah diposting nech resepnya:

Martabak Manis by Puji Acha

Bahan:
250 gr tepung terigu protein sedang - aku pake segitiga biru
15 gr susu bubuk
1/4 sdt baking powder
50 gr gula pasir halus
1/4 sdt garam
300 ml air
1/2 sdt ragi instan
3 btr telur
30 gr gula pasir
3/4 sdt soda kue
25 gr margarin, lelehkan

Bahan isi:
# anything you like :), bisa meises and skm only (like I did), bisa tambah kacang sangrai, keju, etc..

Cara membuat:
1. Campur terigu, susu bubuk, baking powder, gula pasir halus dan garam. Aduk rata.
2. Tuang air sedikit demi sedikit sambil dikeplok2 (aduk dengan whisk) sampai rata.
3. Tambahkan ragi instan, aduk rata. Diamkan 30 menit.
4. Kocok lepas telur dan gula pasir, tuang ke campuran tepung terigu sambil diaduk
rata.
5. Terakhir, masukkan soda kue dan margarin leleh, aduk rata.
6. Tuang ke dalam teflon

0 komentar:

Posting Komentar