Senin, 13 Juni 2011

Lapis Singkong a.k.a Sentiling

Ini kedua kalinya aku bikin lapis singkong a.k.a sentiling cuma baru bisa moto yang batch kedua ini ;)
Resep aku dapet dari blognya mba Ricke, doi ahlinya bikin makanan tradisional loh tapi makanan modern ga kalah ok nya koq (jiahhhh, promosi dech eike hehehe), nyuwun sewu ya mba aku icip resepnya.

Batch kedua ini sedikit aku modif dengan tambahan nangka potong stok yang selalu aku simpen di freezer. Oia, sedikit info juga ternyata nyimpen nangka di freezer ngga ngerubah rasa & penampilannya. Lumayan buat ibu-ibu yang ngga bisa kepasar tiap hari jadi bisa stok buah-an tanpa kuatir busuk, cara ini aku pake juga buat ngakalin jamur yang lifetime nya sangat-sangat singkat. Hasilnya...jamur tetap fresh loh ;)

Balik lagi ke sentiling, ibuku yang biasanya jadi "foodie komentator " (komentator makanan) setiap makanan yang aku buat bilang lapis singkong a.k.a sentiling ini enak banget :) pfiuhhhh... kebayar rasanya segala cape, ditambah lagi anak-anak ku yang sangat-sangat picky eater mau mencoba tradisional food satu ini :), thank you mba ricke buat resepnya.

Lapis Singkong a.k.a Sentiling

Bahan:
1 kg singkong kupas, cuci bersih kemudian parut halus
1 bks agar-agar bubuk putih
350 ml santan kental
200 gr gula pasir
200 gr potongan nangka (optional)
Pewarna Merah ( aku pakai pasta cocopandan food grade)
Pewarna Hijau (aku pakai pasta pandan food grade)
Kelapa parut beri garam kukus hingga matang
Loyang 22cm x 22cm oles minyak, lapisi plastik dan oles sekali lagi dengan minyak

Cara:
1. Aduk jadi satu singkong parut + agar-agar bubuk + santan kental + gula pasir
2. Bagi menjadi 3 adonan
3. Masing-masing beri pewarna merah, hijau dan biarkan putih sisanya
4. Kukus adonan hijau dalam loyang 22cm x 22cm selama 20mnt
5. Masukkan adonan merah di atas adonan hijau dan sebelumnya tambahkan potongan nangka
6. Terakhir masukkan adonan putih, masak sampai matang benar kurleb 30mnt
7. Tunggu dingin, potong-potong dan lumuri dengan kelapa parut hidangkan.
8. Untuk memotong lapisi pisau dengan plastik supaya tidak lengket

0 komentar:

Posting Komentar