Rabu, 30 November 2011

Waffle Caramel


Bosen rasanya, bikin cake cape-cape tapi ngga pernah habis sama orang rumah, padahal kan niatnya bikin makanan tuh buat ngempanin anak suami, tapi lagi-lagi pasti endingnya kalo ngga ke kantor, ya... ke asisten dirumah. Karena sebenernya anak-anak kurang begitu suka sama yang namanya cake, brownies, etc dan mereka lebih antusias sama yang namanya gembleng a.k.a nagasari, apem, lupis, dan kawan-kawannya. Makanya jangan heran kalo nti blog ini bakalan banyak upload makanan tradisionalnya, demi memuaskan sang buah hati  judulnya ^__*

Tapi apa hubungannya ya, bikin waffle sama kesukaannya anak-anak karena sebenernya waffle ini juga bukan makanan tradisional, malahan waffle lebih dulu  dikenal sebagai makanan impor sono. Cuma saja jenisnya lebih crunchy dan sedikit chewy, beda dengan waffle ala indonesia, lebih cenderung seperti cake, teksturnya moist, empuk walaupun ngga moist-moist banget.Oia... sebagian orang juga bilang waffle ini dengan panggilan "bapel" hehehe...it's ok lah...apalah arti sebuah nama yang penting enyaaakkk.
Nah ini salah satu jenis bapel a.k.a waffle, hasil keliling-keliling didunia maya yang akhirnya ketemu sama blognya mba diyah www.miummi.blogspot.com. Waffle di blognya mba diyah coklat, tapi yang versi aku bukan coklat, soalnye stok coklat bubuknya abis xixixixi....and karena aku penggemar segala jenis makanan yang creamy so...resepnya aku tambahin susu bubuk 25gr, berharap hasil akhirnya lebih gurih and laziz ;)
Maap ya mba, resepnya aku acak-acak sedikit hehehehe, berikut resepnya:

WAFEL COKLAT

Bahan Kue Wafel Coklat :
  • 200 gr tepung terigu.
  • 25 gr coklat bubuk. (aku ngga pake)
  • 25 gr susu bubuk (diresep asli ngga ada)
  • 100 gr gula pasir.
  • 50 gr mentega cair.
  • 200 ml susu cair.
  • 4 btr kuning telur.
  • 2 btr putih telur, kocok kaku.
  • 1 sdt baking powder.
  • 1/4 sdt garam.
Cara Membuat Kue Wafel Coklat :
  1. Campur tepung terigu, coklat bubuk, gula pasir, garam, dan baking powder. Aduk rata.
  2. Masukkan susu cair dan kuning telur, aduk sampai rata.
  3. Tambahkan mentega cair, dan dilanjutkan dengan kocokan putih telur, aduk rata kembali. Diamkan adonan selama 15 menit.
  4. Olesi cetakan wafel dengan sedikit mentega. Tuang adonan ke dalamnya hingga hampir penuh.
  5. Panggang adonan ke dalam oven hingga berwarna kecoklatan.
  6. Setelah matang, angkat.
  7. Hias kue sesuai selera, kue wafel coklat siap untuk disajikan.
NB. Bisa ditambahkan es krim dengan rasa kesukaan atau kalo aku tambahin sirup caramel untuk menemani lembutnya wafel ;)

 Selamat Mencoba

0 komentar:

Posting Komentar