Selasa, 15 November 2011

Ongol-Ongol

Masih seputaran heng-ot di blognya mba hesty (ijin copas resep ya mba), beliau punya segudang resep makanan tradisional yang jaminan sukses resepnya trus ditambah gambarnya juga cantik-cantik deh (ngiri.com). Nah ongol-ongol ini salah satu racun yang bikin aku addict ke dapur malem-malem xixixi.

Dikantor ku ada yang nitipin jualan makanan basah, dan ongol-ongol ini salah satu menunya. Lumayan banyak penggemarnya juga loh, rasanya legit dan kenyal-kenyal gitu deh. Ketemu sama resepnya mba hesty, kepacu lah adrenalin untuk nyoba kreasi baru. Resepnya mba hesty ongol-ongolnya pake daging durian (kebayang deh nikmeh nya), lagi-lagi aku harus skip salah satu bahan karena ngga punya stok durian dikulkas, dan untuk beli ke supermarket koq ya males.

Berhubung ini bukan bahan dasarnya, jadi ngga pake pun sebenrnya ngga apa-apa. Cuma pasti dengan penambahan durian ini rasa ongol-ongol nya jadi bintang 5 ;)) next lah aku mau nyoba dengan full bahan baku.
Sekalian promo resepnya mba hesty, ongol-ongolnya mak nyosss, kalah deh yang dikantor aku mah, ini beneran lembut, kenyal enak deh pokoknya.

Oia, ini fotonya aku ambil dengan studio mini baru buatan misua...tengkiu ya sayang, luv u deh.
Emang siy belum sebagus gambarnya master-master yang lain, tapi at least sekarang kalo aku bikin kue ngga perlu nunggu pagi baru bisa moto, any time kapan pun aku bisa poto-poto hehehe. Sueneng deh dapet maenan baru ;)

Kembali ke resep ongol-ongol berikut yah

ONGOL-ONGOL
Bahan :
- 100 gr daging durian (aku ngga pake)
- 200 gr tepung sagu
- 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
- 300 gr gula merah, sisir (aku 250gr)
- 1/4 sdt garam
- 3 lembar daun pandan

Bahan taburan :

- 200 gr kelapa parut kasar
- 1/4 sdt garam
- 2 lembar daun pandan

Cara membuat :

  1. Taburan : aduk rata bahan taburan. Kukus 15 menit sampai matang. Sisihkan.
  2. Larutkan tepung sagu di dalam setengah bagian santan. Sisihkan.
  3. Rebus sisa santan, gula merah, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. Saring. Didihkan lagi.
  4. Masukkan durian. Aduk rata. Tambahkan larutan tepung sagu. Masak sambil diaduk sampai meletup-letup. Angkat.
  5. Sendokkan ongol-ongol di atas bahan taburan. Gulingkan sampai terbalut rata. Kalau ongol-ongolnya masih berbongkah besar, potong-potong dengan pisau seukuran kecil untuk sekali lahap. Kalo aku dicetak ke dalam loyang ukuran 20x20cm karena bikin 2 resep.

Rekomen deh resepnya ;))

0 komentar:

Posting Komentar