Kamis, 29 Maret 2012

Wingko Pisang Raja


Masih dalam rangka menghabiskan stok pisang raja (ini akibat belanja gelap mataaaa....), liat di blognya mba Hesty ada resep wingko. Sebenernya siy, di resep ngga ada bahan pisangnya. Cuma modifikasi aku aja, secara pisang dirumah tinggal 5 buah lagi... sayang kalo mo dibuang.

Kan wingko babad asli semarang juga ada yang varian pisang raja loh....Nah, aku berpatokan ke situ aja... *hehehe*


Rasanya hampir mirip dengan wingko babad asli, cuma yang ini lebih lembek. Kalo wingko asli kan padat dan keras, ini sedikit chewy seperti cake bantet gitu deh ;)

Aku tambahin 3 buah pisang raja yang dicincang kecil-kecil kemudian dicampur ke dalam adonan. Asyik juga rasanya....mungkin kalo punya duren, nangka bisa juga tuh buat varian rasa.



Kalo mau nyoba rasanya, sok dipraktekin deh resepnya...lumayan lah buat temen minum teh

WINGKO

Bahan:

550 gr tepung ketan (aku : 500gr saja, karena adanya cuma segitu)
400 gr gula pasir
400 gr kelapa parut (aku: 300 gr saja, stoknya ga cukup)
200 ml santan didihkan
150 gr margarine lelehkan
3 butir telur
1/2 sdt garam

Olesan:
1 butir kuning telur
Wijen

Cara:
1. Kocok telur bersama gula hingga larut
2. Tambahkan kelapa parut & aduk hingga larut
3. Masukkan tepung ketan bergantian dengan santan.
4. Masukkan margarine cair garam lalu aduk hingga rata.

0 komentar:

Posting Komentar