Selasa, 10 April 2012

Putu Ayu


Pas lagi bikin kue ini, Imoy nanya "Bun...bikin kue apa?", aku jawab "Putu ayu, kak". Trus dia penasaran, "koq putu ayu? emang artinya apa bun?" .... "itu artinya putu yang ayu kak" # jawab ngasal, keabisan ide#
Ha...ha...ha...ha....untung anakku ngga nyecer pertanyaan lagi.


Lah...emang sebenarnya aku ngga ngerti filosofi nama kue tradisional ini koq. Mungkin karena warnanya hijau ditambah parutan kelapa yang putih jadi terlihat cantik alias ayu (dalam bahasa jawa). Wis...blass apapun artinya... yang penting kue tradisional ini emang tetep jadi legend.

Mo dibikin kue tampah, hantaran, acara arisan, pengajian, ulang tahun itulah kodratnya. Ngga malu-maluin  penampilannya.... gitu loh maksudnya. 

Lah...namanya juga putu ayu...ya ngga?


Long weekend tanggal 6-april kemaren aku manfaatin buat trial makanan-makanan yang belum pernah terjamah, salah satunya ya putu ayu ini.

Kebeneran banget, pas bikin kue ini, acara TV masak memasak yang host nya si sexy "farah Quinn" juga praktek putu ayu. Hey!! mba farah...kita se-ide niy.... he..he...he...he.


Resepnya farah quinn simple banget, cuma gula 250gr + terigu 200 gr + telor 4 butir + santan 250ml + BP 1sdt. Pembuatannya mirip dengan sponge cake, kocok telor + gula sampai mengembang dan seterusnya.

Nah kalo aku, ngacak-ngacak resep orang :) Beberapa resep dari internet aku adopt dan modif sesuka hati (maap beribu maap).

Hasilnya siy pasti enak, cuma kurang lembut...yang ini agak sedikit padet, mungkin karena aku ngga pake BP.


 

- Enjoy -

0 komentar:

Posting Komentar