Kamis, 17 Januari 2013

Banana Cake Hongkong Style




Kayanya menurut aku resep cake yang buanyak modifikasi dan jenisnya itu adalah banana cake alias bolu pisang. Ga percaya? coba aja gugling banana cake, dijamin bingung milihnya hehehe...

Ceritanya mamaku beli pisang cavendish banyak, ternyata pisangnya ngga laku dimakan. Lama-lama tuh pisang bakalan busuk, akhirnya disimpen dikulkas. Berhubung banyak banget pisangnya, mama minta aku olah aja pisang-pisang itu.

Nah, seperti aku bilang sebelumnya, buat nambah bank resep aku search lagi resep-resep yang belum pernah aku coba. Ketemu dengan blognya "jasmin's kitchen". Mba mimie yang punya blog, punya banyak resep banana cake dan juga gambar-gambarnya bagus. Aku ngga percaya kalo mba mimie ini motrek pake kamera poket seperti yang dibilangnya, soalnya hasilnya koq ya udah kaya pake peralatan motrek professional gitu, yah...minimal DSLR lah.

Dari sekian banyak resep banana cake, aku tertarik dengan resep banana cake hongkong style. Unik aja dan kebayang aja enaknya. Soalnya bolu hongkong itu udah terkenal akan teksturnya yang lembut, moist & ngga seret sama sekali. It must be georgeous for the taste, I thought!!



Enak beneran deh, lembut & moist gitu. Cuma karena ukuran pisangnya ngga aku timbang, pokoknya aku pake 2 buah pisang cavendish ukuran besar, makanya tekstur pisangnya kerasa banget. Jadi kaya bukan bolu hongkong hehehe...

But, after tried some banana cake recipes, I prefer the recipe using the cinnamon. Combination between banana and cinnamon is the best for me. Yup, aku suka banget dengan resep dari tabloid wanita Nova, taste rempah berpadu dengan pisang...oohh, so yummy. Dan dengan teknik pengocokan putih telur terpisah, bikin cakenya lembut dan ringan. Untuk resepdari tabloid nova udah pernah aku posting sebelumnya.


Berikut resep banana cake hongkong style

banana cake hongkong style
rujukan resep : umek didapur
modif : jasmin kitchen


bahan A :
ayak :
150 gr terigu
1/2 sdt baking powder

bahan B :
6 putih telur
70 gr gula halus
1/2 sdt cream of tar2

bahan C :
6 kuning telur
80 gr gula halus
1/2 sdt sp
1 sdm susu kental manis putih

bahan D :
6 butir pisang mas.haluskan

bahan E :
75 gr mentega di lelehkan


cara membuat :
1. oles loyang dgn mentega.lapisi kertas roti dan oles mentega sisihkan.
2. ayak bahan A .sisihkan
3. kocok putih telur hingga berbuih.masukkan cream of tar2 dan gula.masukkan gula sedikit demi sedikit. kocok hingga soft peak. jika mixer di angkat. putih telur akan berbentuk jambul,dan akan mengarah ke bawah.tapi tidak jatuh. sisihkan.
4. kocok bahan C hingga putih. masukkan susu kental manis.kocok hingga rata.
5. masukkan bahan kuning telur ke putih telur.kocok dgn kecepatan plng rendah.
6. ayakkan campuran terigu ke adonan. aduk balik perlahan2 menggunakan spatula hingga tercampur rata.
7. masukkan pisang aduk balik hingga benar2 rata.
8. masukkan mentega cair. aduk perlahan hingga rata.
9. bakar hingga matang. aku kurleb 50 menit.
sebab aku pake oven tangkring.



cake ini akan mengembang banget.
tapi lembut..kayak cake ciffon.
aku suka banget dengan teksturnya...nggak seret walaupun irit telur.... ^_^
selamat mencoba deh....
nggak bakalan nyesel..... :)



-Enjoy-

0 komentar:

Posting Komentar