Kamis, 07 Februari 2013

FERMENTED CASSAVA CAKE alias BOLU TAPE




Suka banget sama yang namanya bolu tape...Apalagi toping kejunya yang melimpah, cakenya moist & spongy terus susu nya terasaaa banget. Heavenlyyy deh....

Dulu banget, Ibunya temen adikku pernah ngasih bolu tape, dan rasanya sesuai dengan yang aku gambarin diatas itu....cucok buat aku. Ceritanya aku minta resepnya ke Ibunya temen adikku ini...abis.... ngga mungkin donk, aku minta bolu tapenya terus-terusan (saking sukanya) hehehehe.....




Begitu dapet...langsung praktek.....and I did it!!!
Waktupun berlalu....dan resep itu pun hilang   >,<
Yah...yah...aku akui, emang super teledor dan pelupa
Mau minta lagi...rasanya malu & ngga enak.... Akhirnya, hampir setiap kali punya tape, aku selalu browsing cari-cari resep yang belum pernah ditrial. Berharap...ketemu lagi sama resep yang hilang $__$

Sejauh ini....resep yang aku trial belum pas & sreg sama seleraku. Kebanyakan teksturnya padat karena penggunaan tape yang cukup banyak....aku kurang suka, tapi ngga begitu dengan my husb. Mau padet, spongy ataupun bantet...komennya cuma enak....dan enak....heuheu.....



Sampai akhirnya beberapa minggu lalu ketemu diblog ini
Trial sekali.....than....Yeaayyyy.....resepnya cucok cyiiiinnnn.
Moist, spongy, cheesy, milky, and the last.....Heavenly!!!!

Sekarang, mau aku kekepin nih resep...jangan sampe keilangan lagi ^__*
Makasih ya mba, udah berbagi resep.



Berikut resepnya

BOLU TAPE
 Source by Yenni's cake



Bahan :


6 butir telur utuh

230 gr gula pasir (aku 250gr)
1 sdm emulsifier (aku skip)
250 gr tape singkong matang yang manis, buang serat kasarnya, lumat dengan
100 mL santan kental (kalo meras sendiri santennya sebaiknya dimasak dulu) (aku ganti dgn 2 sachet SKM)
225 gr tepung terigu protein sedang
125 gr mentega cair
kismis/keju secukupnya untuk bagian atas


Cara Membuat :

1. Kocok telur, gula dan emulsifier sampai kental mengembang.
2. Masukkan terigu, aduk/ kocok dg speed 1.
3. Masukkan tape halus, aduk lagi sampe rata/ speed 1.
4. Tuang mentega cair, aduk rata.
5. Tuang ke loyang tulban diameter 22 cm (atau bisa pakai baking pan) yang dioles mentega dan ditabur tepung tipis2. Tabur dengan bahan taburan.
6. Panggang/oven 180 derajat, 35 menit, pindah ke rak atas kurang lebih 5-10 menit sampai permukaannya benar2 coklat supaya pas matengnya ga basah.



- Enjoy -

0 komentar:

Posting Komentar