Kamis, 07 Februari 2013

LAPIS PEPE PELANGI



Euphoria "Rainbow" ngga cuma di arena cake aja, tapi juga di kue tradisional. Sebenernya ini mah bisa-bisanya aku aja sih , pengen ikutan kehebohan si "rainbow" ini walaupun udah telat ;)

Emang apa aja sih "syarat" dari rainbow ini??

Ya....sesuai dengan namanya rainbow = pelangi, pelangi kan punya 6 warna hasil biasan sinar matahari, jadi....asalkan makanan itu memiliki 6 warna pelangi Me - Ji - Ku - Hi - Bi - U udah bisa disebut Rainbow cake, atau lapis pepe rainbow atau rainbow yang lain ^__^


Kebetulan aku penggemar berat kue lapis kanji atau lapis pepe. Ada satu toko di tempat tinggalku yang jual makanan kecil. Ngga banyak siy macamnya tapi....semua rasa makanannya zuperrr sekali. Beneran...mulai dari pastel, risoles, sampe lapis pepe ini, special banget... Bahkan toko ini jual lapis legit yang mantap!! Mantap harganya dan rasanya. Kenapa? karena untuk ukuran 15cm x 10 cm dihargai 125 ribu...ckckckck...

Nah, untuk lapis pepe nya...aku sukaaaaa sekali. Enak banget, beneran....ciyussss.
Asli penasaran apa resepnya, cuma belum sempet nanya aja ke nci nya ^__*

Daripada nungguin yang ngga jelas, jadi aku coba-coba browsing....trial aja resep yang kira-kira hasilnya bakalan sama dengan yang aku mau. Kayanya resep di blog ini bakalan enak deh, liat dari bahan & caranya yang beda aku PD coba aja ^__^

Dan bener aja!!
Lapisnya enak beneran.... aku sukaaa banget. Cuma maaf ya buat yang punya resep, banyak yang aku modif .... masalahnya menyesuaikan dengan ketersediaan bahan logistic dirumah hehehe....
Makasih ya mba..buat resepnya *Hug*




Lapis Sagu

diadaptasi dari Resep Majalah Sedap untuk Pemula
judul asal Kue Pepe Pandan Wangi

Bahan:
500 gr tepung sagu (Aku pake sagu tani)
50 gr tepung hun kwee warna putih (Aku ngga pake)
1 1/2 sdt garam
800 ml Santan dari 1 1/2 butir kelapa
pasta pandan secukupnya
pewarna merah secukupnya

Bahan Sirup:
500 ml air
550 gr gula pasir (aku 500gr takut terlalu manis)
2 lbr daun pandan (Aku buanyak banget ^__*)
10 lbr daun jeruk, buang tulangnya

Cara Membuat:
  1. Rebus bahan sirup dengan api kecil sampai agak kental. Saring, biarkan hangat.
  2. Campur tepung sagu, hunkwee, dan garam. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai larut. sisihkan
  3. Tuang sedikit - sedikit adonan sirup ke campuran tepung sagu. Aduk rata. Saring
  4. Bagi 2 adonan sama banyak. Satu bagian ditambahkan pasta pandan dan satu bagian lagi dibiarkan putih.
  5. Tuang 100 ml adonan putih ke loyang ukuran 20x20x7 cm yang dialas plastik. Kukus 5 menit di atas api sedang. Tuang lagi 100 ml adonan putih. Kukus 5 menit.
  6. Tuang 100 ml adonan hijau. Kukus 5 menit. Tuang lagi 100 ml adonan hijau. Kukus 5 menit, begitu seterusnya.
  7. Terakhir tuang adonan putih yang dicampur dengan pewarna merah.
  8. Kukus 20 menit diatas api sedang sampai matang. Dinginkan. Potong - potong
Tips:

Tunggu sampai benar - benar dingin, baru keluarkan dari loyang dan dipotong - potong (sekitar 5 - 8 jam)
Potong kue dengan menggunakan pisau yang dibungkus plastik.
Saat melapis kue, jangan mengukus tiap lapis terlalu lama agar lapisan tidak mengelupas. sebaiknya saat lapisan sudah keliatan mengkilap segera tuang lapisan berikutnya secara perlahan.


- Enjoy -- Enjoy -

0 komentar:

Posting Komentar