Senin, 17 Juni 2013

CAKE MOCCA PUTIH TELUR



Demam rainbow cake atau ombre cake kemaren biasanya menyisakan banyak korban putih telur buat para bakul kue. Ngga cuma cake itu aja siy, order kue lapsur juga lumayan suka bikin galau, hendak diapain kah ini "si putel"??

Kalo aku siy buat cari aman, masukin ke kantong plastik dulu trus cemplungin ke freezer. Masalah mo dibikin cake lagi, atau kue kering atau apapun itu buat memanfaatin lebihan putel ini urusan no. 2 ;)
Kalo udah di freezer, si putel ini kuat berbulan-bulan. Asalkan jangan dikeluar masukkin dari freezer.

Nah..ceritanya minggu kemaren pas bongkar-bongkar freezer, ada dua plastik besar isi putel semua.
Pffiuuuhhhhh, buanyak nyooo....
Kalau dibikin lidah kucing.... alamat bakalan duet sama oven seharian. Secara kan buanyak banget, kalo dikeluarin sebagian trus dimasukkin lagi sisanya, bakalan ngerusak struktur putelnya.

Nah biar aman, cari resep yang ngabisin putel seabrek-abrek. Keingetan tahun lalu pernah bikin cake mocca putel resep dari NCC. Oleh-oleh buat saudara dilampung niy ceritanya. Ternyata mereka semua suka, katanya enak en lembyut. Tapi sayang, ngga sempet difoto.
Kemudian bikin lagi berikutnya juga sama, kelupaan selalu untuk difoto dulu.

Nah....untuk kali ini, ngga boleh keliwat lagi untuk difoto dulu. Yup...jadi ini cake mocca putel yang aku buat untuk ketiga kalinya.
Aroma amis khas putel ngga kecium samasekali, karena dalam resep ini pakai essence coffee. Buat yang mau nyoba resepnya sebaiknya pilih essence kopi yang halal yah, soalnya kebanyakan essence itu suka mengandung alkohol.


Akhirnya punya solusi lain buat ngabisin si putel ini ;)
Walaupun disimpen dikulkas, tapi masih bisa ngembang koq. Caranya, keluarkan putel dari freezer, tunggu sampai mencair sendiri. Jangan direndam dalam air, khawatir air masuk kedalam putel yang bisa menyebabkan putel ngga mengembang.


Buat resepnya silahkan kalo mau mencoba

Bahan A:
525ml     putih telur
400gr     gula pasir
1 sdm     cake emulsifier
1 sdt      garam
1 sdt      baking powder

Bahan B:
250gr     tepung terigu
50gr       santan bubuk

Bahan C:
100ml     santan kental
1 sdm     essence coffee
75gr       mentega, lelehkan
2 sdm     susu kental manis

Bahan D:
mocca pasta secukupnya
coklat pasta secukupnya.

Cara membuatnya:
Kocok putih Bahan A hingga kental, masukkan bahan B, aduk rata. Tuangi campuran bahan C, aduk rata.
Bagi adonan menjadi 3 bagian sama rata, satu bagian beri mocca pasta, satu bagian beri pasta cokelat dan satu bagian lagi biarkan putih.
Tuang adonan cokelat kedalam loyang 22x22x7cm yang telah dipoles mentega dan dialasi kertas roti, kukus dalam dandang selama 10 menit, tuangi dengan adonan mocca, kukus lagi selama 10 menit, terakhir tuang adonan putih, kukus 20 menit, hingga matang.


- Enjoy -

0 komentar:

Posting Komentar