Selasa, 31 Desember 2013

BOLU MARMER JADOEL




Postingan ini special untuk edisi akhir tahun 2013 masehi. Selain itu juga, ini sebagai pengingat untuk pertama kalinya punya mainan baru khas bakulers "oven gas"!!! *jingkrak-jingkrak*

Helloooooo...hare gene baru punya oven gas???
Hahahahahahaha...ini juga memutuskan untuk menginvestasi oven karena udah kewalahan dengan segala kendalanya "mba otang" alias oven tangkring alias oven kompor alias oven jadoel.

Kalo kata temen-temen milis, kenali oven anda sekalian supaya anda-anda bisa menaklukan si oven. Perasaan mah udah bukan kenal lagi, malah kentel banget persahabatan antara aku-oven. Tapi koq aku masih belum bisa naklukin kebandelannya yaaa????

Mau tau kendala antara aku-oven?
Bikin cake...ngga pernah bisa kering atasnya. basah, mblenyek. Jadi kalo ditumpuk, apalagi tumpuk tiga, bisa pating ngglosor tuh, alias mleset kesana kemari. 
Begitu juga pas bikin bolgul. Mana bisa digulung kalo permukaannya basah :( Yang ada kulitnya lengket semua di kertas. Hadeuhhh, desperado sangad!!!
Katanya ditaro di rak paling atas untuk mengeringkan permukaan. emang bener kering siy. Tapi saking keringnya jadi kaya bagelen #huwaaaaaa#

That's enough!! 
mohon maaf buat mba otang, terpaksa kamu tak musiumkan. bukan apa-apa, daripada tiap bikin cake, bawaannya spaneng selaluh.

Jadi, beberapa bulan lalu, aku hunting oven gas (OG) ke salah satu merk terkenal bima master (bukan sales, juga bukan pemiliknya. SUMPAH!!!) 
kontek-kontekan trus deal harga, transfer, and than besoknya OG nyampe dirumah. 
ekspress banget servisnya. it's awsome. after sales servicenya juga ok banget. pokoknya aku rekomen deh si BM ini.

Than, baru minggu kemaren test drive si OG ini. belom berani nyoba resep yang resiko tinggi. tinggi tingkat  kesulitannya, juga tinggi biayanya wkwkwkwk.
Cari-cari yang kira-kira kalo gagal ngga bikin ngejambakin rambut gitu. at least pemakain telurnya seuprit sajah :))

Liat resep marmer jadul di blognya mba camelia . Kalo ngecek bahan-bahannya jelas beda sama yang dulu pernah aku buat. Testimoninya pun katanya lembut ngga padet. sebagai fans beratnya spongy taste, aku tertarik sangad. Yang pasti bolu marmer ini boros mentega eh margarin maksud nya. tapi itu justru yang bikin gurih bolunya. 

Trus-trus-trus, gimana donk hasil test drive OG nya? 
Hehehehe, Alhamdulillah, lancar cink. permukaannya yang berkulit kering, mateng sempurna. It's perfecto!!


Nah tuh liat gambar  diatas. Jelas banget kan kalo permukaan cokelat dan kering sempurnah!
Yippieeeee, I've made it....
Asli jadi semangat banget nge bake lagi. Segala jenis cake yang dipanggang jadi perhatian aku :D 
kukus mengukus nanti dulu yaaaaa

Oia, trus koq ngga ada komen masalah taste bolu marmernya??
maap, keasikan narsisin si OG siy.
Jelas bolu marmer yang ini top BGT. ngga padet and bikin seret. enak, walaupun ngga sespongy cotton cake gitu. Tapi, buat aku ini worth to try. seperti yang aku bilang sebelumnya, karena resep ini boros margarin, makanya rasanya tuh gurih banget. 
Thanks ya mba lia buat resepnya.

BOLU MARMER JADUL
By. Ibunya mba' Mia Indriasari (milis NCC)

Bahan :
5 butir telur telur utuh
3 butir kuning telur
150 gr teringu
200 gr gula pasir
1/2 sdt SP (aku gak pake)
300 gr Blue Band, cairkan
1 bungkus (1 gr) Vanilli bubuk (Tambahan dari aku)
Pasta cokelat (aku pake coklat  bubuk)
Caranya :
Semua bahan dikocok, kecuali margarine, hingga putih mengembang. Lalu, tambahkan margarin cair berlahan-lahan sambil di aduk balik. Ambil, satu mangkuk adonan, beri pasta coklat (aku coklat bubuk) aduk rata. Tuang adonan putih kedalam loyang (yang sudah dioles mentega dan ditaburi tepung), lalu tuang adonan coklat sambil diputar dengan garpu (aku ujung sendok) untuk membuat bentuk marmer. Panggang dalam oven hingga matang (aku suhu 160C, atau gas mark 4, lk. 50 menit)
 
 
 
- Enjoy -

0 komentar:

Posting Komentar