Minggu, 09 Maret 2014

TONGSENG AYAM





Jarang banget saya posting masakan. Bukan karena ngga pernah masak, tapi biasanya saya masak itu pagi hari pas hari kerja. Buru-buru, grabak grubuk, kejar-kejaran sama waktu. Masak buat bekel kangmas, nyiapin bekel anak-anak, trus siap-siap berangkat kerja. Ngga sempet buat potrek-potrek. What a hectic day, yah. Tapi harus dinikmati, supaya ngga ketemu sama "si bad mood" wkwkwk.

Karena dari senin-jumat full masak memasak, biasanya hari minggu saya leyeh-leyeh, No cook time. Nah, kebeneran ada sisa "mood" weekend kemarin. Kepikiran bikin masakan buat sarapan dan maksi. Tapi pengennya yang simpel aja. Kalo bisa mah masakan two-in-one. Lauk pleus sayurnya, jadi ngga pake 2 atau 3 kali masak #dasar pemalas!#

Kangmas dan anak-anak paling doyan sama masakan yang berkuah. Ada ayam pejantan juga di kulkas. Dimasak tongseng kayanya cucok deh. And, here they come. TONGSENG AYAM, ala sayah ;P
Biasanya kan tongseng itu pake daging kambing. Berhubung ngga punya daging kambing dan saya juga ngga suka, jadi ayam sajalah. Dan enak loh ternyata ayam dimasak tongseng. TOP deh, seger.

Ngga sampe seharian, tongsengnya udah ludes. ckckckckckck

Cekidot the recipe, by molikakitchen.

TONGSENG AYAM


Bahan:

1 ekor ayam pejantan/kampung lebih enak potong-potong kecil, cuci bersih
Daun salam
3 batang serai ambil bagian putihnya kemudian dimemarkan
3 daun jeruk, sobek-sobek
1/4 sdt Merica bubuk
1 sdt gula pasir
Garam secukupnya
1 sdm kecap manis
4 siung bawang merah iris halus
Cengek secukupnya
200ml Santan kental
500 ml air
Tomat hijau secukupnya

Bumbu Halus:
7 siung bawang merah
4 siung bawng putih
4 butir kemiri

Cara Membuat;
1. Tumis bumbu halus, daun-daunan, serai sampai harum
2. Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna dan ayam mengeluarkan air. Tambahkan gula pasir, garam, merica bubuk, kecap manis, aduk rata.
3. Setelah ayam agak sedikit kering, tambahkan air. Masak hingga ayam empuk, koreksi rasanya.
4. Terakhir tambahkan santan, sampai mendidih. Matikan api
5. Masukkan cengek dan tomat hijau.
6. Siap dihidangkan




Nasi anget pleus tongseng ayam panas, tuh sesuwatu bingitsss. Slurrrrppppp

-Enjoy-

1 komentar:

IBU TUTI TKI SINGAPUR mengatakan...

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

Posting Komentar