Sabtu, 08 Maret 2014

BANANA CHIFFON CAKE




Biasanya saya paling males yang namanya mengulang-ulang resep. Atau trial resep berbeda dengan bahan yang sama. Karena bayangan saya, bakalan sama rasanya (kurang lebih lah)...bukan tercipta hasil yang sensasional. Tapi ini ngga berlaku buat makanan berbahan pisang dan tape. Buat saya, pisang dan tape akan berbeda hasil & rasanya walaopun cuma ditambahkan sedikit bahan yang berbeda. Misalnya, resep banana cake tanpa bumbu spekuk dan yang ditambahi bumbu spekuk. Hasilnya, totally different!!.
Buat penggemar rempah, pasti bakalan suka resep berbumbu spekuk. Sama seperti saya, suka banget dengan rasa banana cake yang sedikit tajem dan "nyegrek".

Overall, saya ngga pernah bosen dengan yang namanya banana cake dan bolu tape. All kind of recipes, sepertinya menantang sekali. Kayanya sudah banyak resep olahan pisang yang sudah saya coba. Tekad saya memang mencoba dan mengkoleksi segala jenis resep banana cake atau banana bread :P

Seperti kali ini, saya coba resep chiffon banana cake. Layaknya chiffon cake yang punya tekstur lembut, spongy dan membal. And it's one of my favourite!! I guarantee it.
Dapet resep dari sini, yang keliatannya menggoda sekali. Terimakasih buat resepnya.




Hasil foto malem hari tuh kurang enak diliat yah. Ini salah satu contohnya. Walopun udah dibantu dengan lighting tambahan plus reflector, tapi masih kurang puas deh. Emang the best time itu pas pagi hari. Kecuali, lightingnya bagus (pake yang kaya studio foto gituh), mungkin ngga masalah foto malem juga.

Yasut lah...yang penting mah ada dokumentasinya, buat referensi nanti siapa tau butuh wkwkwk.

Berikut resepnya, cekidot

BANANA CHIFFON CAKE:

Ingredients: 6 butir telur (pisahkan putih dan kuningnya) 200 gr tepung terigu self rising 30 gr tepung maizena 250 gr gula pasir 1/2 sdt garam 150 ml minyak sayur 3 buah / 300 gram pisang ambon kupas (blender dengan 50 ml susu cair) 1/2 sdt cream of tartar (optional) Directions: Panaskan oven 170°C, siapkan loyang angel cake ukuran besar. Hand Mixer sebentar kuning telur, 200 gr gula pasir, garam dan pisang ambon halus. Tambahkan terigu, maizena dan minyak sayur. Sementara itu di dalam bowl stand mixer aduk putih telur sebentar dengan kecepatan sedang, tambahkan cream of tartar dan 50 gr gula pasir sedikit demi sedikit, tambah kecepatan mixer aduk sekitar 10 menit, sampai soft peak konsistensi. Aduk 1/3 bagian putih telur kedalam adonan kuning telur, aduk pelan dengan spatula, dan tambahkan 1/3 bagian lagi, sampai adonan putih telur habis. Tuang kedalam loyang angel cake, dan panggang dengan panas 160°C selama 45 menit atau 1 jam (tergantung kondisi oven). Setelah lulus test kematangan angkat dan letakan loyang dalam posisi terbalik selama 45 menit. Balik loyang dan keluarkan kue dari loyang. Kue siap dihidangkan.

Sumber Resep : http://resepmasakannusantaraenak.blogspot.com/2012/08/banana-chiffon-cake.html .
Copyright Resep Masakan Indonesia - Under Common Share Alike Atribution.






-Enjoy-

0 komentar:

Posting Komentar