Selasa, 15 November 2011

Pukis

Ceritanya abis heng-ot ke blognya temen-temen dunia maya ;) ada salah satu blog favorit ku, blognya mba hesty www.hesti-myworkofart.blogspot.com . Blognya selalu jadi inspirasi buat berkreasi, soalnya beliau ini update sekali dengan makanan-makanan cantiknya. Salah satunya resep pukis ini, karena kebetulan mantan pacar dirumah sangat menggilai makanan ringan ini. Setiap aku kepasar, rikuwest setianya cuma "pukis" ini. Tapi tau sendiri kan jajanan diluar sekarang jarang ada yang higienis dan bahan-bahannya belum tentu bermutu. Yang pake pemanis buatan lah, pake pengawetlah, borax, dll, dll.

Rasanya hepi banget dapet resep yang emang udah lama dicari-cari. Keliatannya sih bahan dan caranya koq gampang, kebetulan pula aku baru punya loyang pukis loh, keren deh! bentuknya bulet dan isinya lumayan banyak. Ceritanya sambil nyelem, minum air, sambil nyenengin misua juga merawanin loyang baru ;)))
Beneran deh resepnya TOP BGT, gampil en jaminan sukses dunia akherat *lebay* . Di resep pake tape, mungkin maksudnya supaya hasilnya ringan kali ya, berhubung aku ngga punya stok jadi tape nya aku skip, hasilnya?? sama sekali ngga berubah, tetep enak.
Tengkyu ya mba resepnya, semua doyan banget. Sekali bikin 2resep dan habis ludes seketika, jangan ditanya gimana responnya tuan rumah...hhhhhhh, worth it banget liat wajah-wajah tercinta menyiratkan kepuasan ;)))

Pukis Tape
by: Hesty adopt from majalah sedap
Bahan :
- 1 sdt ragi instan
- 1/4 sdt gula pasir
- 50 ml air hangat
- 2 butir telur
- 50 gr gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 120 gr tepung terigu protein sedang
- 100 gr tape singkong, haluskan (aku ngga pake)
- 100 ml santan hangat (aku pake 120 ml)
- 1 sdm margarin leleh
- kenari dan keju untuk taburan

Cara membuat :
  1. Aduk rata ragi instan, gula pasir, dan air hangat. Diamkan 15 menit.
  2. Kocok gula, telur, dan garam sampai mengembang. Tambahkan terigu, aduk rata.
  3. Tambahkan larutan ragi instan dan tape singkong. Aduk rata. Tuang santan hangat dan margarin sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Diamkan 30 menit.
  4. Panaskan cetakan pukis atau carabikang yang dioles tipis margarin (menggunakan tisue) dengan api sedang. Tunggu hingga panas. Tuang adonan 3/4 tinggi cetakan. Biarkan gelembungnya bermunculan. Beri potongan keju slice atau potongan kenari. Tutup dan biarkan sampai matang.
Oia, ada cerita lucunya sedikit. Berulang-ulang baca resepnya (kaya mau ujian akhir aja) tetep ada yang salah. Untuk biangnya harusnya gula yang dimasukkan itu 1/4sdt dicampur ragi dan air hangat. Dasar mata siwer (faktor "U") aku liatnya gula yang dicampur kedalam ragi itu 50gr, berhubung aku bikin 2 resep jadi gula aku timbang 100 gr, campur dengan ragi dan air hangat. Begitu mau ngocok telur, aku cari-cari berapa banyak gulanya? HUWAAAA....aku salah liat!!! gula yang buat ngocok telur aku buat biang semua...stress banget...bakalan ngembang ngga y, secara gulanya kebanyakan. Akhirnya aku akalin untuk campuran ngocok telur cuma sedikit ajah, sambil berdoa mudah-mudahan ngembang :( , dan alhamdulillah adonan sukses sodara-sodara ;)) lega rasanya.
Udah ah cerita malunya segitu aja xixixi...

0 komentar:

Posting Komentar