Rabu, 07 Desember 2011

Kroket Macaroni


Apa yang ada dipikiran kalau denger kroket? Makanan yang dibentuk seperti risoles, dengan isian bihun, mie, atau sayuran dan kemudian digoreng, betul ngga? hehehe....
Kali ini jenis kroket nya sangat-sangat berbeda, beda bahan-bahannya dan cara pembuatannya pastinya.

Ini adalah oleh-oleh dari jalan-jalan ke blognya mba waty (www.wati-cookery.blogspot.com) , nemu camilan yang menurut aku unik banget, soalnya biasanya makaroni kan kalo ngga dibikin schotel, campuran sup, dll...lah ini dibikin penganan yang sejatinya cucok buat acara arisan, pengajian, atau isian kue box (minta ijin copas resepnya ya mba....).

Sebenernya ini bukan yang pertama kali aku bikin, pertama kali waktu acara pengajian dirumah mama ku. Critanya aku kebagian tugas untuk bikin isian kue box dan salah satunya ya si kroket macaroni ini, tapi berhubung waktu itu ngga sempet jeprat jepret jadi baru sekarang kesampaian mengabadikan poto-potonya ;) .

Oia banyak yang komen "enak" si KM ini loh....yipppiiiiiiieeeee, jadi buat nambah ide kalo nanti ada pesenan kua box lagi :P


Sengaja aku bikin buat perbekalan genduk sekolah besok hari, makanya aku bikin malemnya biar bisa masuk kulkas dan pagi-pagi tinggal goreng deh.

Khusus untuk sesi pemotretan, aku rela ngegoreng kroket malem2 (walaupun cuma sedikit, yang penting bisa eksis dulu hehehe) dan fans pertama yang rela mencicipi adalah "putri imoy" yang biasanya sangat picky eater (problema balita).

Yang bikin aku melayang-layang bagai dibuai angin surga adalah komennya "Bun, enak loh", OMG ....berasa yang muji tuh petinggi negara atau artis deh, beneran bukan lebay bin alay, masalahnya anakku ini termasuk yang sangat pemilih makanan dan sangat jarang ada pujian yang keluar dari mulutnya.

Sekarang baru ngeh kan, kenapa aku ngerasa dibuai angin surga? wkwkwkkwk. Udah ah melayangnya, buat yang mo nyoba melayang silahkan dipraktekin resepnya ;)

Kroket Macaroni

Bahan:
2 sdm margarin
50 gr bawang bombay, cincang
100 gr tepung terigu
400 ml kaldu
1 sdt garam
1/2 sdt merica
1/4 sdt pala bubuk
125 gr keju parut
2 lembar daging asap, potong dadu
100 gr macaroni, rebus matang & tiriskan
1 butir telur ayam
tepung panis secukupnya
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
  1. Panaskan margarin. Tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan tepung terigu, lalu aduk rata.
  2. Masukkan kaldu, garam, merica halus dan pala bubuk. Aduk rata. Masak hingga kalis.
  3. Tambahkan daging asap dan keju parut, aduk rata. Masukkan macaroni, aduk rata lagi, lalu angkat.
  4. Ambil 2 sdm adonan, bentuk kroket, celupkan ke dalam telur kocok dan lumuri dengan tepung panir.
  5. Simpan dalam lemari pendingin selama 30 menit.
  6. Panaskan minyak, goreng kroket macaroni hingga berwarna kecoklatan lalu angkat.
  7. Sajikan

0 komentar:

Posting Komentar