Rabu, 14 Maret 2012

Bolu Caramel aka Sarang Semut

Ngga tau kenapa, aku addict sama makanan satu ini. Kebetulan dari kecil mama ku sering sekali bikin "bika ambon" alias bolu caramel. Xixixixixixix....ternyata selama ini kita sekeluarga salah faham. Yang sering kita sebut "bika ambon" ternyata namanya "Bolu Caramel atau Sarang semut".

Makanya begitu besar, waktu nyebutin bika ambon, eh malah dikasih "the real bika ambon" yang warnanya kuning, bukan cokelat kehitaman seperti yang aku tahu. Hahahaha.....malu deh rasanya, begitu tahu kita salah persepsi selama ini.


Banyak banget metode pembuatan yang beredar. Resep mamaku  margarine diaduk bersama dengan SKM tanpa dicairkan dan telur dikocok sampai berbusa. Ada juga yang metodenya hanya cukup diaduk-aduk saja, kemudian ada pula metode dengan mencairkan margarine, seperti layaknya pembuatan sponge cake.

Dengan metode mama ku, aku sudah khatam dan hasilnya alhamdulillah memuaskan. Hanya saja dulu ngga pernah aku abadikan gambarnya, karena memang dulu belum musim "blogging" hehehe.
Begitu matang, potong dan nikmati ^__*

Penasaran dengan metodenya mba camelia, karena margarine nya dicairkan dulu. Kalo liat diblognya siy, hasilnya sama dengan yang metode mama ku, bersarang banyak. Memang, tolak ukur berhasil tidaknya "si bolu karamel" ini dari banyak tidaknya sarang yang dihasilkan.
Ga ada salahnya dicoba niy, iya kan? ;))


Ngga tau salahnya dimana, koq hasil akhirnya sarang semutnya ngga terlalu heboh, cuma sedikit saja. Mungkin aku terlalu semangat waktu nge-mixer telurnya, makanya jadi overmix.. Tapi rasanya sama saja dan tetep moist.

Cuma lain kali, saranku jangan pake butter untuk lemaknya, sebaiknya margarine saja. Karena rasa  dan aroma butter itu cukup kuat, jadi mengalahkan taste dan aroma karamelnya. And it's not good for me.


 Mba camelia, ijin copas ya resepnya ^__*

And for the recipe, here they are

SARANG SEMUT (CARAMEL CAKE)
By Meri-nya Camelia

Bahan :
200 gr margarine/mentega, cairkan
200 gr gula pasir
200 ml air
150-200 ml susu kental manis (tergantung manis yang diinginkan)
100 gr tepung terigu
1 sdt soda kue
5 btr telur

Caranya :
  • Panaskan gula hingga menjadi karamel, beri air, aduk hingga gula karamel larut. Dinginkan.
  • Kocok telur hingga agak pucat dan berbuih (aku pake whisk), masukkan susu, kocok hingga rata.
  • Tambahkan tepung, mentega cair, aduk rata lalu masukkan air karamel dan soda kue. Aduk rata.
  • Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung tipis. Panggang hingga matang.
  • Tunggu hingga benar-benar dingin sebelum dipotong.

Apapun metode nya, tetep enyaaaaaakkkkkk, I luv it so much

- Enjoy -

0 komentar:

Posting Komentar