Rabu, 14 Maret 2012

Sosis Solo

Bukan sosis sebenarnya yang berasal dari solo loh. Ngga tau kenapa dinamakan demikian. Mungkin karena bentuknya yang kurus, lurus seperti sosis, dan mungkin juga asal muasalnya dari solo (asal njeplak ini mah).

Sebangsa sama risoles, karena pembuatannya hampir mirip. Buat kulitnya kemudian isinya, gulung dan digoreng. Cuma untuk isiannya yang beda, kalo risoles biasanya sayuran nah sosis solo dominan daging-dagingan.

Rasanya?? perfect!!!
Suka banget...
Ini pesenan temen kantor untuk arisan dirumahnya. Pesennya 3 macem snack dan mie goreng. Snacknya, sus, sosis solo dan kroket macaroni.

Pesenan ini penuh perjuangan, karena pas banget, aku ditinggal prt. Untungnya, slesainya pas dengan deadline. *ppfffiuhhh*


Resepnya aku ambil dari salah satu anggota NCC, mba dyah ayu. Aku suka banget, pas dengan lidah aku. Mudah-mudahan customerku juga puas.

Saking penasaran nya, aku sengaja beli beberapa sosis solo ditoko snack deket rumahku hanya untuk membandingkan taste nya saja. Tertulis dibungkusnya, sosis solo ayam special. Tapi buatku koq ya biasa-biasa saja, jujur niy, masih mending punya aku loh.... *hahayyy, narsis abis*

Kadang buat bakul kue kya aku gini, perlu juga membandingkan dengan buatan orang lain yang sudah komersil contohnya. Karena ngga jarang, customer suka memainkan "trik" menjatuhkan mental pedagang dengan cara membandingkan dengan "jualan di toko A" misalnya. Biasanya trik ini untuk mendapatkan diskon tambahan dari pedagang.

Kalo kita yakin dengan kualitas kita, maka harga yang kita bandrolpun bisa kita perjuangkan.

Ok, for the recipe here they are

SOSIS SOLO

Bahan kulit:
360 gr terigu segitiga biru (aku 350 gr saja)
5 butir telur
700 ml santan (aku dgn campuran 200 ml santan kental instan 500 ml air)
50 gr mentega di lelehkan
1 sdm gula
1 sdt garam

Bahan isian:
2 siung bawang putih diulek bersama 2 siung bawang merah.
1/2 bawang bombay cincang
360 gr daging cincang
150 gr wortel potong kotak2 kecil
Seledri secukupnya
Garam secukupnya
Lada secukupnya
Kaldu bubuk daging non MSG secukupnya
1 sdt Kecap
50 ml santan kental

Lapisan:
1 butir telur di kocok

Cara membuat:

Kulit:
Kocok telur, masukkan campuran santan, aduk rata. Masukkan tepung terigu, larutkan. Masukkan mentega cair, gula dan garam, aduk hingga rata.

Buat adonan diatas menjadi dadar tipis di penggorengan teflon.

Isian:
Tumis ulekan bawang, bawang bombay hingga harum.
Masukkan wortel, tumis hingga layu, masukkan daging cincang, garam, gula, kaldu bubuk, aduk hingga rata dan daging cincang matang berubah warna.
Masukkan kecap, aduk. Masukkan santan, aduk kembali.
Setelah matang, angkat.




Beri bahan isian kedalam dadar, gulung.
Celupkan kedalam kocokan telur (bahan pelapis). Lalu goreng hingga kuning keemasan.

- Enjoy-

0 komentar:

Posting Komentar